EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Hermilia Putri, 2024. ―Efektivitas Penggunaan Media Sempoa Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Kelompok B di TK Labbaika‖. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini diawali dengan rendahnya kemampuan mengenal angka pada anak, pada aspek menyebutkan angka 1-20, mengurutkan angka 1-20 dan mampu menjumlahkan 1-20. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan sebuah pembelajaran dan untuk meningkatkan kognitif anak harus menggunakan media yang menarik seperti media sempoa. Sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa media sempoa merupakan media konkret. Media sempoa juga memiliki kelebihan karena media ini sangat praktis, mudah didapatkan, dan beragam warnanya sehingga menarik bagi anak-anak yang menggunakannya dan dapat membangkitkan semangat anak sehingga anak akan termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan media sempoa terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di TK Labbaika Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini digunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji keabsahan data. Uji normalitas dan uji hipotesis untuk melihat persentase pengaruh.
Penelitian ini menggunakan uji t menunjukkan bahwa media sempoa secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mempersepsikan bilangan. Uji t menunjukkan t hitung 6,062 > 1,782 pada tingkat kepastian 95%. Hasil belajar meningkat dari nilai pre-test 50,0 menjadi post-test 73,8. Skor N-Gain dasar adalah 0,49, yang menunjukkan kategori sedang dalam meningkatkan pemahaman anak tentang angka