View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

IMPLEMENTASI ALAT MUSIK DRUMBAND DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI 3 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NUR SARI TAMINAH_FTIK.pdf (100.6Kb)
Date
2024-09
Author
TAMINAH, NUR SARI
Metadata
Show full item record
Abstract
Nur Sari Taminah, 2024. “Implementasi Alat Musik Drumband Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Pada Kelompok B Di TK Negeri 3 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Nurwati, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd. selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan anak usia dini merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk mendukung dan membantu perkembangan, pertumbuhan rohani dan jasmani anak usia dini. Musik berperan penting dalam proses pembelajaran anak. Salah satu seni musik yang berfokus pada daya mengingat yaitu seni musik drumband. Maka dari itu pentingnya perkembangan kognitif anak melalui kegiatan drumband. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi alat musik drumband dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang diperoleh dari informasi guru kelas atau pelatih melalui observasi dan wawancara. Sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan beberapa arsip dari TK Negeri 3 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu dengan menggunakan model yang digunakan oleh Miles dan Huberman dengan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data, pada tahap perencanaan merupakan tahapan penting untuk dilakukan agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Perencanaan kegiatan drumband di TK meliputi persiapan alat, pengenalan alat serta strategi dalam melatih. Tahap pelaksanaan, di tahap ini guru atau pelatih melaksanakan kegiatan alat musik drumband yang berguna untuk menstimulasi perkembangan anak yang mencakup pengenalan angka yang mana anak mampu mengenal angka 1 sampai 7, mengacak angka yaitu anak mampu mengacak angka sesuai dengan ketukan yang ada di dalam notasi pada lagu, dan pengenalan bentuk dan ukuran benda adalah anak mampu mengenal bentuk persegi panjang dan lingkaran serta ukuran besar dan kecilnya benda pada alat drumband. Evaluasi berkala dilakukan sebagai mengukur kemajuan anak dalam memainkan alat musik drumband untuk menstimulasi perkembangan kognitifnya.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5000
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [173]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV