View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN NlLAI NILAI PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KEPADA SISWA SMP NEGERI 7 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_JAINI RAHMAN_FTIK.pdf (310.6Kb)
Date
2024-08
Author
RAHMAN, JAINI
Metadata
Show full item record
Abstract
Jaini Rahman, 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertaqwa, dan Berakhlak Mulia Kepada Siswa di SMP Negeri 7 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia saat ini yang dihadapkan dengan tantangan untuk membentuk generasi berkarakter dan bermoral. Dalam menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sosok yang sangat berperan penting di mata siswa dalam pembelajaran, karena harus menyuguhkan pembelajaran yang menarik dengan materi pendidikan agama Islam yang relevan dalam kehidupan sehari-hari untuk menanamkan nilai-nilai yaitu beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Berdasarkan hasil observasi, SMP Negeri 7 Samarinda adalah sekolah yang menerapkan profil pelajar Pancasila di kelas 7 dan melaksanakan kebijakan dalam dimensi beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, yaitu dalam melaksanakan pembiasaan peribadahan seperti sholat dhuha dan sholat dzuhur serta saling menghormati. Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Negeri 7 Samarinda menjadi salah satu fasilitator dalam melaksanakan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas 7. Maka, tujuan penelitian ini untuk menggali peran guru pendidikan agama Islam di SMPN 7 Samarinda dalam menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, khususnya beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan termasuk observasi, wawancara, dokumentasi, sumber data, serta teknik analisis seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia kepada siswa di SMP Negeri 7 Samarinda. Beriman, guru PAI telah berhasil menanamkan nilai-nilai keimanan pada siswa melalui pembiasaan ibadah, pengajaran tentang asmaul husna, dan penanaman keyakinan akan adanya Tuhan. Bertakwa, guru PAI telah berupaya menanamkan nilai-nilai ketakwaan melalui pembiasaan sholat, pengajaran tentang akhlak kepada Allah SWT, dan penanaman kesadaran akan tanggung jawab sebagai seorang muslim. Berakhlak mulia, guru PAI telah berhasil menanamkan nilai-nilai akhlak mulia pada siswa melalui pembiasaan 5S, pengajaran tentang akhlak kepada sesama manusia, alam, dan negara, serta upaya pencegahan bullying. Faktor pendukungnya meliputi semangat guru PAI, kerjasama dengan orang tua, fasilitas yang memadai (masjid, sound system, proyektor), dan integrasi profil pelajar Pancasila dalam kurikulum. Faktor penghambatnya adalah rendahnya tingkat kepekaan siswa terhadap ibadah, dan keterbatasan fasilitas (aula).
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5004
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [935]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV