IMPLEMENTASI EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR KOTA BALIKPAPAN (Penelitian Multi situs, SDIT Balikpapan Islamic School dan SDN 010 Balikpapan Selatan)
Abstract
Achmad Musyafa, 2023, "Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kota Balikpapan". Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. sebagai Pembimbing I dan Dr. Fathul Janah, M.SI sebagai Pembimbing II.
Latar belakang dari penulisan tesis ini adalah kebutuhan terhadap pelaksanaan asesmen pembelajaran di sekolah dasar dengan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendapatkan bukti nyata terhadap perencanaan asesmen pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kota Balikpapan, 2) Untuk mengkonfirmasi pelaksanaan asesmen pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kota Balikpapan, 3) Untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan dan pelaksanaan asesmen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kota Balikpapan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi-deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar (MA) mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis data Miles and Huberman dimulai dengan mengumpulkan data, kemudian pengkodean atau kondensasi, display atau penyajian data, sampai pada kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan data.
Hasil penelitian: 1) Perencanaan Asesmen Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar dilakukan dengan menyusun Capaian Pembelajaran sesuai dengan fase, membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan menyusun modul ajar yang sesuai dengan fase dan capaian pembelajaran. 2) Pelaksanaan Asesmen Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (SDIT Balikpapan Islamic School dan SDN 010 Balsel) dengan menentukan teknik asesmen dan instrumen asesmen. 3) Dalam perencanaan dan pelaksanaan Asesmen Pendidikan Agama Islam terdapat faktor pendukung dan penghambat secara internal dan eksternal.