Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ririn Anggreani, 2017. “Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al Mujahidin Samarinda”. Skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Dr. Much.Eka Mahmud, M. Ag selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiah, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah berdasarkan pada fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan dimana siswa memiliki hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan. Untuk dapat menyampaikan pelajaran dengan baik dan siswa dapat memahami pelajaran dengan mudah, seorang guru harus dapat trampil dalam memilih dan menggunakan metode mengajar yang tepat untuk situasi dan kondisi yang dihadapinya, karena itu dapat mempengaruhi proses mengajar dan hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun factor eksternal. Di mana penggunaan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu factor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran demonstrasi, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Al Mujahidin Samarinda yang berjumlah 120 siswa, kemudian peneliti mengambil seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 48 siswa untuk dijadikan sampel penelitian dengan teknik purposive stratified sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, dan demonstrasi. Kemudian peneliti mengumpulkan data dan dianalisis menggunakan rumus mean, rumus korelasi product moment, perhitungan dengan rumus uji-t, dan mengetahui nilai sumbangsi (kontribusi) menggunakan rumus Keofiensi Determinan (KD).
Hasil penelitian yang pertama, penerapan metode pembelajaran demonstrasi di MA Al Mujahidin Samarinda sudah berjalan secara optimal karena sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp). Hal itu dapat dibuktikkan dari hasil wawancara yang sudah peneliti lakukan kepada Waka Kurikulum dan Guru Bidang Studi Fiqih di MA Al Mujahidin Samarinda. Kedua, hasil perhitungan dengan menggunakan rumus mean tentang hasil belajar siswa yaitu 87,5 dan itu terletak dalam tabel interval 86-100 dengan kategori sangat baik. Ketiga, hasil perhitungan analisis data terdapat r_xy=0,4679, kemudian diinterpretasikan nilai rhitung dibandingnilai rtabel maka diketahui bahwa sedang atau cukup. Signifikansi korelasi metode pembelajaran demonstrasi dan hasil belajar siswa maka peneliti menggunakan rumus uji-t. Dari perhitungan tersebut ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 3,588 > 1,679, artinya terdapat pengaruh yang cukup signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al Mujahidin Samarinda.