View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENERAPAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENCEGAH PERILAKU AGRESIF DI SMAN 3 MUARA MUNTAI

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MUHAMAD RIKI_FUAD.pdf (102.0Kb)
Date
2023-12
Author
RIKI, MUHAMAD
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhamad Riki, 2023. “Penerapan Bimbingan Keagamaan Dalam Mencegah Perilaku Agresif di SMAN 3 Muara Muntai”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh H. Bunyamin, Lc., M.A. dan Riska Dwi Agustina, S.Hum., M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana sebuah proses penerapan bimbingan keagamaan dalam mencegah perilaku agresif di SMAN 3 Muara Muntai. Hingga mengungkap atau melihat perilaku agresif apa yang terjadi di SMAN 3 Muara Muntai dan bagaimana proses dari bimbingan keagamaan dalam mencegah perilaku agresif. Kemudian hal ini menarik untuk diteliti bagaimana peran pembimbing keagamaan dalam mencegah perilaku agresif dan seberapa efektivitas bimbingan keagamaan ini dalam mencegah perilaku agresif. Hingga bagaimana yang dirasakan oleh penerima bimbingan keagamaan setelah mendapatkan bimbingan keagamaan pada diri mereka sendiri yang dirasakan. Jenis metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman, persepsi, dan dampak bimbingan keagamaan dalam konteks mencegah perilaku agresif di kalangan individu. Pendekatan ini melibatkan siswa dan guru agama, wawancara mendalam dengan peserta yang telah mengikuti program bimbingan keagamaan, serta analisis isi terhadap materi bimbingan dan dokumen terkait. Penelitian ini mengidentifikasi peran penting bimbingan keagamaan dalam mencegah perilaku agresif di SMAN 3 Muara Muntai. Bimbingan keagamaan merupakan salah satu solusi dalam mencegah perilaku agresif selama belum adanya layanan bimbingan konseling di sekolah. Kegiatan keagamaan yang dilakukan seperti muhadhoroh, sholat wajib dan sunnah, pembacaan surah-surah Al-Qur'an dan doa-doa, selama kegiatan ini terbukti mampu mencegah ataupun mengurangi perilaku agresif siswa, seperti bisa mengontrol emosional, membully dan berkelahi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan program bimbingan keagamaan secara konsisten dan terstruktur dapat memberikan kontribusi yang penting dalam mencegah tingkat perilaku agresif di kalangan siswa. Seperti beberapa faktor-faktor seperti pemahaman nilai-nilai agama, pembentukan sikap positif, dan pengembangan kontrol diri menjadi aspek penting yang dipelajari dalam bimbingan keagamaan. Dengan demikian siswa belajar untuk memahami dampak negatif dari perilaku agresif serta cara-cara untuk mengelolanya secara konstruktif sesuai dengan ajaran agama yang dianut. Selain itu, hubungan yang erat antara guru bimbingan keagamaan dengan siswa juga membantu dalam membentuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan spiritual dan sosial yang sehat. Sehingga, skripsi ini menegaskan bahwa bimbingan keagamaan memiliki peran yang penting dalam membangun kesadaran spiritual dan moral di kalangan siswa, yang pada masanya dapat mengurangi perilaku agresif dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih harmonis di SMAN 3 Muara Muntai.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5027
Collections
  • Bimbingan dan Konseling Islam [107]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV