STUDENTS' MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT SMPN 43
Abstract
Aji Natasya Nurameilia, 2024. “Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di SMPN 43 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bahrani, M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Dra. Sitti Hadijah, M.Pd sebagai pembimbing kedua.
Motivasi merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris di SMPN 43 Samarinda.
Desain penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei cross-sectional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diadaptasi dari Gardner's Attitude/Motivational Test Battery (AMTB) dan kuesioner dibuat dengan menggunakan pertanyaan tertutup sebanyak 20 pertanyaan berdasarkan skala Likert 5 poin. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 43 Samarinda yang belajar bahasa Inggris. Jumlah siswa keseluruhan adalah 56 siswa. Mereka adalah 12 siswa untuk kelas VII, 23 siswa untuk kelas VIII, dan 21 siswa untuk kelas IX. Data dianalisis menggunakan rumus untuk menghitung rata-rata (mean).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa SMPN 43 Samarinda memiliki skor 3,54 dan berdasarkan skala rentang Likert lima poin, interpretasinya adalah tingkat motivasi sedang. Dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 43 Samarinda memiliki motivasi belajar bahasa Inggris yang tergolong sedang, hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki minat yang cukup dalam mempelajari bahasa Inggris, tetapi tidak seantusias dan tekun seperti siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi.