View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PELAKSANAAN SUPERVISI DIGITAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BONTANG (STUDI MULTI SITUS: SDN 001 BONTANG UTARA, SDN 002 BONTANG SELATAN, DAN SDN 003 BONTANG UTARA)

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_HERMAN_FTIK.pdf (151.0Kb)
Date
2024-06
Author
HERMAN, HERMAN
Metadata
Show full item record
Abstract
Herman, 2220200010. Pelaksanaan Supervisi Digital Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Kota Bontang (Studi Multi Situs SDN 001 Bontang Utara, SDN 002 Bontang Selatan, dan SDN 003 Bontang Utara). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. Suratman, M.Pd. sebagai pembimbing II. Supervisi berbasis digital meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi proses, memudahkan akses data real-time, serta meningkatkan keamanan dan kolaborasi, sehingga operasional lebih efektif. SD Negeri Kota Bontang memiliki komitmen yang tinggi terkait digitalisasi pembelajaran dan pengelolaan supervisi yang efektif. Dukungan dari Disdikbud dan BGP serta adopsi kurikulum merdeka menandakan keseriusan sekolah tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi pelaksanaan supervisi digital pada Sekolah Dasar di Kota Bontang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penyajian data dibagi berdasarkan unsur-unsur dalam supervisi digital. Teknik analisis data dengan metode interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dengan uji perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan peneliti. Hasil penelitian mengenai Pelaksanaan Supervisi Digital Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Kota (Studi Multi Situs SDN 001 Bontang Utara, SDN 002 Bontang Selatan, dan SDN 003 Bontang Utara) dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama, tahap perencanaan meliputi sosialisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) kepada guru, pembentukan tim supervisi, dan persiapan perangkat IT. Kedua, pelaksanaan supervisi digital terdiri dari pra-observasi untuk menetapkan jadwal dan fokus area, observasi daring menggunakan PMM untuk memantau pembelajaran, dan refleksi untuk evaluasi kinerja guru serta pengembangan strategi perbaikan. Ketiga, evaluasi supervisi digital menggunakan PMM untuk meningkatkan efisiensi akses data dan komunikasi, mengidentifikasi kelemahan, serta memberikan umpan balik terperinci. Rapat evaluasi membahas efektivitas metode pengajaran, pencapaian waktu belajar, akses umpan balik, kepuasan guru, serta kebutuhan perbaikan. Terakhir, tindak lanjut supervisi dirancang berdasarkan hasil observasi dan evaluasi untuk memperbaiki kelemahan yang ditemukan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5039
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris [104]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV