View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERENCANAAN KARIER BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NURUL HASANAH_FUAD.pdf (420.4Kb)
Date
2024-07
Author
HASANAH, NURUL
Metadata
Show full item record
Abstract
Nurul Hasanah. 2024. “Perencanaan Karier bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si dan Di Ajeng Laily Hidayati, M.Si, M.Psi. Latar belakang penelitian ini adalah tentang karier yang menjadi hal penting bagi manusia saat dalam fase dewasa. Walaupun terjadi pada fase dewasa, namun karier memerlukan waktu yang panjang dalam persiapannya. Oleh karena itu, mempersiapkan karier sejak dini sangat diperlukan. Dalam mempersiapkan karier, sekolah memiliki peran untuk menghasilkan output yang siap menghadapi dunia pasca sekolah (dunia kerja), terutama bagi penyandang disabilitas. Hal ini menjadi sangat penting karena melihat bahwa masih rendahnya tingkat partisipasi disabilitas dalam angkatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana sekolah, khususnya Sekolah Khusus Pelita Bunda, merencanakan karier bagi siswa berkebutuhan khusus dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru bimbingan konseling, guru kelas, serta koordinator kewirausahaan di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan lalu dianalisis dengan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan, serta uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas meliputi meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, dan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan, yang pertama, perencanaan karier yang dilakukan di Sekolah Khusus Pelita Bunda adalah dengan melaksanakan program bimbingan konseling karier berupa (layanan orientasi, informasi, penyaluran, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konsultasi serta layanan mediasi), program magang, program kewirausahaan, dan program keterampilan vokasi. Tujuan perencanaan karier Sekolah Khusus Pelita Bunda adalah mengembangkan siswa menjadi mandiri, berkarakter, dan memiliki keterampilan. Pelaksanaan program perencanaan karier di sekolah tersebut sesuai dengan tujuan bimbingan karier yang dikemukakan oleh Drewa. Kedua, faktor penghambat pelaksanaan perencanaan karier yang dialami guru di Sekolah Khusus Pelita Bunda adalah kendala dari siswa itu sendiri seperti kemandirian, kendala kemampuan guru, dan kendala pendanaan. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan perencanaan karier di Sekolah Khusus Pelita Bunda adalah dukungan dari orang tua dan mitra magang dalam membantu memfasilitasi peluang kerja bagi siswa berkebutuhan khusus.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5041
Collections
  • Bimbingan dan Konseling Islam [107]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV