Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Angka di TK Nurul Iman Loa Janan Tahun Pembelajaran 2016-2017 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Sarah, 2017. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Angka di TK Nurul Iman Loa Janan Tahun Pembelajaran 2016-2017 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Robingatin, M. Ag dan Lina Revilla Malik, M.Si.
Penelitian ini di susun berdasarkan latar belakang masalah tentang kegiatan pembelajaran kognitif khususnya kemampuan berhitung anak kelompok B3 TK Nurul Iman Loa Janan Samarinda.masih kurang, hanya 2 orang anak didik (11,76%) saja yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dari 17 orang anak didik. Sementara anak didik yang lain masih perlu perbaikan. Hal ini terjadi dikarenakan guru kurang kreatif dalam penggunaan media, pengelolaan kelas kurang tepat, kurangnya minat dan konsentrasi anak dalam pembelajaran berhitung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kartu angka di TK Nurul Iman Loa Janan Samarinda. Sebelum dilaksanakan tindakan motivasi belajar anak didik kurang dan guru berusaha mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mengalami peningkatan kemampuan berhitung anak didik. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain kartu angka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan metode bermain kartu angka yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitianya adalah anak didik usia 5-6 tahun ( kelompok B3) dan objek penelitian adalah kemampuan berhitung anak didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan checklist, skala penilaian, dan pedoman observasi yang terdiri dari observasi guru dan observasi anak. Tekhnik pengumpulan data terdiri dari observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan penilaian kemampuan berhitung dan penilaian ketuntasan belajar anak didik.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase kemampuan berhitung anak didik sebelum dilaksanakan tindakan dengan menggunakan kartu angka persentase yang didapat 34,80%. Setelah dilaksanakan siklus 1 telah mengalami peningkatan sebanyak 51,36% dari 17 anak didik, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebanyak 82,17%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain kartu angka terdapat peningkatan terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK. Nurul Iman Loa Janan Samarinda.