IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONTANG
Abstract
Abdul Malik, 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Penguatan Karakter Bontang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Akhmad Muadin, M.Pd selaku pembimbing II.
Kurikulum Merdeka ialah program pendidikan yang disediakan oleh sekolah, yang meliputi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga dapat meningkatkan mutu kehidupannya. Kemudian pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang dimana tujuan dari mata pelajaran Akidah Akhlak ini sudah selaras dengan tujuan Kurikulum Merdeka yaitu menjadikan peserta didik berkarakter akhlak yang mulia dan juga menjadikan seseorang mengembangkan potensinya. Selanjutnya, pada penguatan karakter, Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak juga berkesinambungan terhadap penguatan karakter peserta didik yang dimana siswa bisa lebih mengembangkan karakternya masing-masing sesuai apa yang ada pada kompetensi dan bakat siswa masing-masing.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yang mana metode penelitiannya berlandaskan apa yang dipakai untuk meneliti objek yang alamiah, di mana instrumen kunci dipegang oleh peneliti, teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi, analisis data sifatnya induktif/kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Kesiswaan, Guru Akidah Akhlak, dan Siswa Kelas X MAN Bontang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian pada tahap perencanaan, guru mata pelajaran Akidah Akhlak menyiapkan tugas kepada siswa kelas X MAN Bontang dengan bahan mentahnya seperti modul sesuai karakter siswanya, kemudian siswa yang mengelolanya dengan secara mandiri sesuai dengan apa yang ditugaskan. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan, guru mata pelajaran Akidah Akhlak menerapkan kegiatan siswa diberikan tugas kelompok membuat video praktik shalat. Maka dengan itu siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik dan benar sesuai syariat Islam, agar dapat menguatkan keimanan dan akhlak. Namun, penerapannya masih memiliki kelemahan di mana tidak semua guru paham, dikarenakan perubahan kurikulum yang masih baru yang sangat berpengaruh terhadap akhlak, kepribadian, serta penguatan karakter menjadi terhambat, karena di mana Kurikulum Merdeka ini sendiri adalah dapat menguatkan akhlak, kepribadian, dan karakter peserta didik jika sekolah tersebut beserta guru-gurunya menguasai secara penuh. Dan yang terakhir pada tahap evaluasi, di mana pihak MAN Bontang dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan memberikan kegiatan workshop agar dapat menyempurnakan kurikulum yang diterapkan sekarang, agar siap menghadapi dan menerapkan Kurikulum Merdeka secara baik dan optimal.