EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MA MA’ARIF NU 1 SAMARINDA
Abstract
Zakia Sari Zahra, 2024. Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Ma’arif NU 1 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.S.I. dan Muthia Umi Setyoningrum, S.Pd., M.Pd.
Tingkat pencapaian belajar sangat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru. Ketika metode pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan, siswa cenderung lebih mudah memahami materi yang diberikan. Hal ini tercermin dari hasil evaluasi ulangan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, di mana masih banyak siswa kelas XI di MA Ma’arif NU 1 Samarinda yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa. Salah satu faktornya ialah guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadis masih menggunakan metode lama, yakni dalam proses pembelajaran guru lebih banyak aktif daripada siswa. Hal ini mengakibatkan siswa cepat merasa bosan dan tidak fokus dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model kooperatif tipe team games tournament terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Ma'arif NU 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitiannya seluruh siswa kelas XI MA Ma'arif NU 1 Samarinda yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan untuk mengukur efektivitas penggunaan model team games tournament dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Ma’arif NU 1 Samarinda dengan menggunakan uji N-Gain Score.
Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score diperoleh bahwa rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen adalah 69,9% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan rata-rata skor N-Gain kelas kontrol adalah 55,3% termasuk dalam kategori kurang efektif. Kemudian berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Uji-t diperoleh nilai (Sig. (2-tailed)) = 0,000 < 0,05 atau thitung = 4,666 > ttabel = 2,0244 pada taraf signifikansi 5%, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model kooperatif tipe team games tournament cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Ma’arif NU 1 Samarinda pada aspek pemahaman atau pengetahuan, namun kurang efektif pada aspek psikomotorik mengaitkan dengan keadaan sebenarnya.