IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM PENYELESAIAN TUGAS MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AT-TAQWA SAMARINDA
Abstract
Siti Hajar, 2024. Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Darwis, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing II.
Peneliti membahas tentang Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Samarinda yang merupakan isu penting dari sudut pandang perkembangan moral dan akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter kedisiplinan dalam penyelesaian tugas mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Harapan Baru Samarinda serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya.
Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Adapun hasil penelitian Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah At-Taqwa Samarinda mencakup pendidikan karakter disiplin yakni tata tertib dan aturan sekolah, menyelesaikan tugas yang diberikan. Kemudian penyelesaian tugas mencakup merencanakan penyelesaian masalah sesuai rencana, memahami masalah, serta melaksanakan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan. Demi tercapainya tujuan, membutuhkan disiplin pribadi, komitmen, dan pengorbanan yang tinggi dari pimpinan, guru, dan staf untuk memberikan contoh yang baik bagi anak-anak.
Kemudian, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter disiplin dalam penyelesaian tugas di MTs At-Taqwa adalah sebagai berikut. Faktor pendukung dari sikap karakter disiplin adalah adanya kesadaran dari siswa itu sendiri, dukungan dari kepala madrasah, serta keterlibatan guru dan orang tua siswa. Selain itu, yang menjadi faktor penghambat ialah masih ada beberapa siswa yang tidak disiplin sehingga diperlukan motivasi dan dorongan untuk bersikap disiplin.