View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 LOA JANAN

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MUHAMMAD BRISCO_FTIK.pdf (152.1Kb)
Date
2024-10
Author
Editia, Muhammad Brisco
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Brisco Editia, 2024. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Loa Janan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, MA.g selaku dosen pembimbing I dan Bapak M. Ridho Muttaqin, S.Pd.I., M.Pd. selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi metode pembelajaran yang tidak efektif, yang berpotensi menurunkan motivasi siswa dalam belajar, dan perbedaan IQ dan latar belakang siswa yang menyulitkan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI BP di SMP Negeri 3 Loa Janan. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan termasuk observasi, wawancara, dokumentasi, serta teknik analisis seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan peneliti, pengalaman dan persepsi guru di SMP Negeri 3 Loa Janan merasakan tantangan yang signifikan dalam penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP). Tantangan utama yang dihadapi meliputi perbedaan IQ dan latar belakang siswa, serta kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat. Guru juga mengalami kesulitan dalam melakukan evaluasi secara komprehensif karena keterbatasan waktu. Problematika yang dihadapi: guru merasa kesulitan menyesuaikan metode pengajaran yang efektif untuk semua siswa mengingat perbedaan IQ dan latar belakang yang signifikan. Metode pembelajaran yang tidak tepat dapat menghambat proses belajar dan mengurangi motivasi siswa. Solusi yang dapat diberikan berupa pelatihan guru, pengembangan materi ajar, serta penerapan nilai-nilai Islam.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5076
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [935]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV