Show simple item record

dc.contributor.authorFauzah, Imro' Atul
dc.date.accessioned2020-06-11T03:14:07Z
dc.date.available2020-06-11T03:14:07Z
dc.date.issued2017-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/507
dc.description.abstractABSTRAK Imro’ Atul Fauzah, 2017. Peningkatan Kemampuan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Melalui Dongeng Di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh bapak Dr. Khojir, M.SI dan ibu Luluk Humairo Pimada, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini adalah perlunya meningkatkan kemampuan dalam aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak yang belum muncul pada proses pertumbuhan dan perkembangan anakdiantaranya berbicara sopan, menirukan gerakan ibadah sederhana, mentaati peraturan sekolah dan menyebutkan hari-hari besar islam , waktu-waktu sholat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dongeng dapat meningkatkan kemampuan nilai-nilai agama dan moral anak Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Ahtfal 2 Tenggarong Seberang?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan nilai-nilai agama dan moral anak-anak kelompok A melalui dongeng di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan tiga kali kegiatan pertemuan. Kegiatan pertemuan tersebut dilakukan di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang. Subyek dari penelitian adalah anak-anak kelompok A berjumlah tiga belas anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan cara merangkum keseluruhan data berupa hasil observasi, kemudian diinterprestasikan sesuai dengan pencapaian kemampuan dan dikelompokkan berdasarkan katagori yang dicapai. Hasil dari interprestasi disajikan dalam bentuk deskriptif sebagai acuan untuk melaksanakan siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui dongeng dapat meningkatkan kemampuan nilai-nilai agama dan moral anak-anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang. Anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang pada pra siklus menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan nilai-nilai agama dan moral yaitu masih berada pada kategori Mulai Berkembang (MB) dengan pencapaian rata-rata anak sebesar32.34%. Pada siklus I meningkat dengan rata-rata pencapaian ank sebesar 45.97% berada pada katagori Mulai Berkembang (MB). Peningkatan kemampuan nilai-nilai agama dan moral baru menunjukkan peningkatan pada siklus II yaitu peningkatan tingkat pencapaian rata-rata anak sebesar 72.42%, pada katagori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), ini menunjukkan rata-rata anak sudah mmampu melakukan sebagian besar indikator nilai-nilai agama dan moral sesuai dengan yang diharapkan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectDongeng, Kemampuan Nilai-Nilai Agama, Moral Anaken_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Melalui Dongeng Di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record