PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI SISWA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULLAMUL HIDAYAH ANTASARI SAMARINDA
Abstract
Reskiana, 2024. Penelitian ini berjudul "Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Antasari Samarinda". Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti dibimbing oleh Dr. Sri Susmiyati, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Nurwati, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk generasi Muslim yang berakhlak mulia dan memahami ajaran Islam. Melalui pembelajaran fikih, siswa diharapkan dapat memahami dan melaksanakan ibadah dengan benar, bermuamalah sesuai syariat, dan memiliki landasan yang kuat dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim. Fikih bukan hanya mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman kognitif, tetapi juga penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Keluarga, sebagai lingkungan terdekat anak, memiliki peran besar untuk memperkuat pemahaman fikih anak melalui praktik langsung dan pembiasaan. Misalnya, dalam mempelajari fikih thaharah (bersuci), anak tidak hanya perlu memahami teori di sekolah, tetapi juga harus mempraktikkannya setiap hari di rumah.
Hasil observasi menunjukkan kesenjangan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih, siswa sering tidak hadir atau terlambat dalam pelajaran fikih, yang hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengawasan atau dukungan orang tua, perbedaan dalam kelengkapan alat belajar seperti buku, alat tulis, yang terkait dengan kondisi ekonomi keluarga. Oleh karena itu, prestasi siswa dalam mata pelajaran fikih menjadi indikator penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan Islam di tingkat dasar. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fikih di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 siswa kelas V dan VI menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana, uji hipotesis parsial, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fikih di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,419 dan hasil nilai t hitung sebesar 7,570 yang lebih besar dari t tabel 2,00488, dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Koefisien korelasi menunjukkan r sebesar 0,721, artinya pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran fikih di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda termasuk dalam kategori kuat. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,520 menunjukkan bahwa 52% dari variasi prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variasi lingkungan keluarga. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan keluarga memiliki peran penting dalam mendukung prestasi belajar siswa mata pelajaran fikih di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda.