IMPLEMENTASI KEGIATAN MUHADHARAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN NASIONALISME PESERTA DIDIK DI MTS DARUSSALAM SAMARINDA
Abstract
Muhammad Afief Mubarok, 2024. “Implementasi Kegiatan Muhadharah dalam meningkatkan karakter religius dan nasionalisme peserta didik di MTs Darussalam Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing I, dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd.I sebagai Dosen Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral yang ditandai dengan turunnya nilai-nilai karakter yang signifikan pada peserta didik di lingkungan sekolah seperti kurangnya kesadaran dalam melaksanakan ibadah, minimnya sikap menghargai terhadap perbedaan yang ada, kurangnya toleransi dan empati untuk saling membantu satu sama lain. Maka dari itu, untuk mengatasi persoalan tersebut MTs Darussalam Samarinda telah berupaya menerapkan program kegiatan muhadharah yang diatur secara terstruktur dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan muhadharah dan mengetahui implikasinya dalam meningkatkan karakter peserta didik MTs Darussalam Samarinda baik dari aspek religius maupun nasionalismenya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Pengumpulan data-data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian ini adalah dari Kepala Madrasah, koordinator kegiatan muhadharah, dan peserta didik. Dalam pengumpulan data melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Selain itu, analisis data menggunakan model interaktif seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kegiatan muhadharah yang dilaksanakan sekolah dikoordinir langsung oleh OSIS MTs Darussalam Samarinda melalui beberapa tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan. Hal tersebut terbukti mampu memberikan dampak positif terhadap karakter religius dan nasionalisme peserta didik yang ditandai dengan adanya peningkatan wawasan serta pemahaman peserta didik dari aspek karakter religius yakni akidah, akhlak, dan ibadah yang kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula jika dilihat dari aspek nasionalismenya. Kegiatan muhadharah mampu memberikan pelajaran dan pemahaman kepada peserta didik sehingga mampu merubah sikap mereka menjadi pribadi yang memiliki sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain, menjunjung tinggi toleransi, dan peduli terhadap sesama. Hal tersebut tentunya akan menciptakan lingkungan pergaulan peserta didik yang sehat setelah mengamalkan pemahaman yang didapatkan.