PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMP NEGERI 4 TENGGARONG
Abstract
Nadiya Damayanti, NIM. 2011101135. “Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Siswa di SMP Negeri 4 Tenggarong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Sri Susmiyati, M.Pd.I sebagai pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena komunikasi orang tua yang berperan penting dalam mempengaruhi perilaku siswa di SMP Negeri 4 Tenggarong. Hal ini terlihat dari variasi dalam kedisiplinan dan motivasi belajar siswa, ketidakseragaman dukungan orang tua terhadap pendidikan anak, serta dampak komunikasi yang kurang efektif terhadap perilaku siswa di sekolah. Dengan ini, peneliti tertarik melakukan penelitian ini, dikarenakan ada potensi besar yang dimiliki yakni dapat mengidentifikasi pola komunikasi yang efektif, tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi orang tua terhadap perilaku siswa di SMP Negeri 4 Tenggarong.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa beserta orang tua di SMP Negeri 4 Tenggarong yang berjumlah 126. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, untuk menghitung jumlah sampel digunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel berjumlah 96 siswa beserta orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji korelasi, regresi linear sederhana, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara komunikasi orang tua terhadap perilaku siswa di SMP Negeri 4 Tenggarong. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan hasil 0,821 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat tinggi dengan arah positif, uji regresi linear sederhana mendapatkan hasil Fhitung = 194,069 dengan sig 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang linear. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis variabel komunikasi dan perilaku siswa, mendapatkan hasil yaitu nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Setelah itu, diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,674 berarti pengaruh komunikasi terhadap perilaku siswa sebesar 67,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.