IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL `ALAMIN (P5 P2RA) DI MAN 2 SAMARINDA
Abstract
Muhammad Habib, 2024, Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil `Alamin di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda di bawah bimbingan Bapak Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing satu dan Bapak Dr. H. Ahmad Ridani, M.M selaku dosen pembimbing dua.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap moderasi beragama yang merupakan salah satu sikap yang saat ini perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan karena sikap moderasi beragama ini sangat diperlukan oleh siswa di dalam kehidupannya sehari-hari. Pertumbuhan sikap moderasi beragama yang baik akan membentuk kepribadian siswa yang baik dan akan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, baik itu di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Salah satu usaha sekolah dalam membentuk dan meningkatkan sikap moderasi beragama itu adalah melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda dengan fokus utama pada sikap moderasi beragama, faktor pendukung dan penghambatnya, serta solusi dalam mengatasi hambatannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan ini melibatkan pendekatan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan di dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Koordinator dan Fasilitator P5 P2RA serta siswa/i Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama siswa dilaksanakan dengan perencanaan membentuk koordinator dan fasilitator, kemudian pelaksanaannya fasilitator mendampingi siswa dalam menentukan tema dan proyek yang mereka inginkan, kemudian siswa membuat dan mempersiapkan proyek dan menampilkan hasil proyeknya di dalam pagelaran karya. Selama pelaksanaan siswa mencerminkan sikap moderasi beragama berupa syura, tawassuth, itidal, tasamuh, musawah dan tawazun. Evaluasi fasilitator dan siswa membuat laporan kegiatan P5 P2RA yang kemudian diserahkan ke Koordinator P5 P2RA dan memasukkan nilai tersebut ke dalam rapor. Faktor pendukung adalah komitmen warga madrasah serta sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yakni masih terjadi miskomunikasi guru fasilitator dalam memberikan pendampingan kepada siswa, dan solusi adalah meningkatkan pelatihan bagi guru-guru dan meningkatkan koordinasi antara siswa dan guru.