IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN (GREEN SCHOOL) DI MTS AL MUJAHIDIN 1 SAMARINDA
Abstract
Frida Aulia Andini, 2024, “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan (Green School) di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Rusdi, S.Ag., M.S.I sebagai Pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islami yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup kepada para peserta didik. Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 1 Samarinda merupakan salah satu institusi pendidikan yang menerapkan konsep sekolah yang berwawasan lingkungan. Dengan menerapkan konsep green school, yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islami terkait pelestarian lingkungan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pendidikan Agama Islam dapat diterapkan dalam konteks pendidikan berwawasan lingkungan, serta mengevaluasi program-program yang ada di madrasah tersebut. Madrasah ini berupaya menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya bersih dan nyaman, tetapi juga mendidik peserta didik untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kepengurusan adiwiyata, guru mata pelajaran fikih & akidah akhlak, dan salah satu peserta didik. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 1 Samarinda telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Islami dengan kepedulian terhadap lingkungan dalam proses pembelajaran. Program-program seperti pengelolaan sampah, penghijauan, serta hemat energi telah diterapkan secara konsisten. Selain itu, pembelajaran Agama Islam yang berfokus terhadap pemeliharaan alam dan lingkungan hidup berhasil meningkatkan kesadaran peserta didik betapa pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem sebagai wujud pengamalan ajaran Islam.