Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadis Kelas VIII di MTs Sulaiman Yasin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fivin Sucy Radiana Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadis Kelas VIII di MTs Sulaiman Yasin Samarinda. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Pembimbing 1 : Dr.M. Eka Mahmud M.Ag, pembimbing 2: Marniati Kadir, M.Pd
Salah satu rumpun dari PAI adalah Al-Qur’an Hadis, yang mana pada mata pelajaran tersebut siswa dituntut untuk dapat membaca, menulis serta memahami tajwid. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada mata pelajaran agama Islam dilihat dari kurang kondusif kelas mulai dari siswa yang bermain-main, bercerita dengan temannya serta acuh tak acuh dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karenanya motivasi atau dorongan pada diri peserta didik yang kurang atau bahkan tidak ada sehingga menimbulkan permasalahan tersebut. Motivasi merupakan dorongan pada diri seseorang baik dari dalam maupun dari luar. Motivasi ini dapat menjadi salah satu faktor tercapainya tujuan pembelajaran. Peneliti menggunakan model cooperative learning untuk menjawab persoalan diatas. Cooperative learning adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan teman sebayanya sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative learning tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs Sulaiman Yasin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 70 siswa dengan jumlah sampel yang sama yakni 70 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini juga disebut penelitian populasi dikarenakan populasi <100. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket atau kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi, analisis signifikansi dan koefisien determinasi.
Hasil dari pelaksanaan penelitian pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis oleh peneliti adalah sebagai berikut : diperoleh hasil angket model Cooperative learning terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Cooperative learning dengan motivasi belajar yaitu dengan perolehan hasil product moment sebesar 0,367, kemudian hasil perhitungan thitung (3,478) > ttabel (1,657) dikatakan signifikan serta kontribusi model Cooperative Learning terhadap motivasi belajar PAI kelas VIII di MTs Sulaiman Yasin Samarinda sebesar 13,469%. Kesimpulan dari data tersebut adalah terdapat pengaruh antara Cooperative Learning dengan motivasi blajar PAI hanya saja pengaruhnya rendah atau lemah.