Hubungan Kemampuan Dasar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada SMP Plus Melati Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rif’ah Ismalina, 2016, Hubungan Kemampuan Dasar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada SMP Plus Melati Samarinda adalah skripsi penulis di bawah bimbingan ibu Dr.Mujahidah, M.Si selaku pembimbing I dan ibu Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II.
Kompetensi atau kemampuan dasar seorang guru merupakan suatu hal yang mutlak dan penting yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan pengajaran kepada siswa.Dengan kemampuan tersebut diharapkan agar tercipta kegiatan yang efektif dan efisien.Penelitian ini berawal dari fenomena yang sering terjadi di beberapa lembaga pendidikan bahwa masih banyak guru yang hanya menyampaikan materi tanpa memerhatikan kemampuan dasar yang harus dimiliki dan diterapkan dalam pengajaran.Kejadian ini yang membuat proses pembelajaran terkadang tidak terarah sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan. Hal inilah yang menjadi alasan untuk melanjutkan penelitian ini.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah yaitu seberapa besar Hubungan kemampuan dasar guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap aktivitas belajar siswa pada SMP Plus Melati Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kemampuan dasar guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap aktivitas belajar siswa pada SMP Plus Melati Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Plus Melati Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Plus Melati Samarinda sebanyak 118 siswa dengan pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi, maka sampelnya sebanyak 54 responden. Analisa data dilakukan dengan menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kemampuan dasar guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap aktivitas belajar siswa kurang berpengaruh dengan koefisien product moment r=0,243 yang berada pada taraf signifikansi 1 % dengan nilai thitung= 1, 803 sedangkan nilai ttabel= 1,674. Hal ini berarti thitunglebih besar dari pada ttabel.Maka hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan dasar guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap aktivitas belajar siswa pada SMP Plus Melati Samarinda diterima.