dc.description.abstract | Fikli Adam, 2023. “Persepsi Masyarakat Kelurahan Rapak Dalam Terhadap Pertanggungjawaban Hukum Penjual atas Ketidakjelasan Barang pada Transaksi Jual Beli Online”. Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Muamalah, Fakultas Syariah (FASYA), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hervina, M.Ag. selaku dosen pembimbing I dan Bapak Ahmad Sofyan, S.H., M.H. selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga timbul suatu kebiasaan baru di masyarakat untuk melakukan belanja menggunakan media internet. Dengan adanya internet, pembeli mendapatkan kemudahan dalam melakukan belanja, tetapi timbul suatu permasalahan baru yaitu adanya ketidaksesuaian barang yang diterima pembeli sehingga menimbulkan kerugian. Secara hukum, permasalahan dalam melakukan transaksi jual beli sudah diatur di dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, namun pemahaman terhadap undang-undang tersebut tidak dipahami oleh semua orang sehingga permasalahan di dalam transaksi jual beli masih sering terjadi.
Dengan ketidaktahuan masyarakat terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen, bagaimana masyarakat menghadapi sengketa dalam melakukan transaksi online dan bagaimana upaya yang dilakukan masyarakat di dalam menyelesaikan permasalahan transaksi online.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan normatif-empiris. Subjek penelitian adalah konsumen transaksi jual beli online. Objek penelitian adalah jaminan kepada konsumen jika barang tidak sesuai keinginan. Sumber data penelitian meliputi data primer, yaitu 15 konsumen belanja online, dan data sekunder sebagai data pendukung adalah buku, jurnal, dan referensi lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan, memaparkan hasil wawancara kemudian menganalisis.
Hasil penelitian yang peneliti simpulkan, pelaku usaha online guna memberikan ganti rugi akibat dari kerugian yang diderita oleh konsumen akibat dari ketidaksesuaian produk yang diberikan oleh pelaku usaha belum dilaksanakan secara optimal, sebab masih banyak masyarakat yang pasrah dan terpaksa menerima barang yang tidak sesuai tersebut tanpa ada upaya apa pun. | en_US |