Program Sejuta Quran dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa di MTs Negeri Model Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Normarifah, 2017. Program Sejuta Quran dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa di MTs Negeri Model Samarinda. Skripsi, Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Islam (PI), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI dan Muhammad Iwan Abdi, M.SI
Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat sebagian siswa terutama kelas 8 yang kurang lancar dan kurang menerapkan ilmu tajwid yang sebelumnya dipelajari di sekolah pada mata pelajaran Quran Hadist dan mata pelajaran hafalan. Program ini diteliti karena sepengetahuan penulis belum ada sekolah lain yang membuat program Sejuta Quran. Program ini merupakan bentuk kerjasama antara orangtua siswa dan sekolah mengenai pendidikan Alquran siswa di rumah. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program sejuta Quran tersebut, bagaimana kemampuan membaca Alquran siswa dan adakah pengaruhnya program sejuta Quran ini terhadap kemampuan membaca Alquran siswa MTs Negeri Model Samarinda
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Model Samarinda. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 dan 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 393 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling yaitu simple Random sampling. Penulis menetapkan besarnya sampel kurang lebih 10% dari besarnya populasi. Karena jumlah siswa MTs Negeri Model Samarinda relatif lebih banyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah korelasi product moment.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa r = 0.968 setelah diinterpretasikan pada r tabel, maka pada kisaran antara 0,80 sampai 1,000 artinya antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang sangat kuat. Berdasarkan perhitungan diketahui pada taraf signifikasi 5% uji dua pihak dengan dk (n-2) yakni (40-2) = 38, maka diperoleh t tabel 2.042 sedangkan t hitung yang dihasilkan yaitu 23.898 Hal ini berarti t hitung lebih besar dari t tabel dengan kata lain jika t hitung 23.898 > t tabel 2.042 maka terdapat pengaruh Program Sejuta Quran terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di MTs Negeri Model Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa program Sejuta Quran yang masih berjalan sampai sekarang ini perlu lebih ditingkatkan, agar hasil yang diperoleh juga dapat meningkat dan siswa lebih disiplin dalam melaksanakan program tersebut. Siswa yang melaksanakan Program Sejuta Quran berpengaruh terhadap kemampuan membaca Alquran siswa kelas VIII MTs Negeri Model Samarinda. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari kemampuan siswa dari hasil tes baca Quran yaitu siswa yang kriteria baik berjumlah 17 siswa, kemampuan cukup berjumlah 10 siswa dan kurang berjumlah 13 siswa.