View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Metode Mengajar Guru Agama Islam

Thumbnail
View/Open
Susanti.docx (14.78Kb)
Date
2016-12-18
Author
Susanti, Susanti
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Susanti, 2016. “Metode Mengajar Guru Agama Islam (studi pada materi Metode Mengajar Kelas XII Sekola Mengengah Kejuruan Farmasi Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut AgamaIslam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Iskandar, M.Ag dan Marniati Kadir, M.Pd. Latar Belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui metode mengajar guru agama Islam pada materi membaca Al-Qur’an kelas XII SMK Farmasi Samarinda. Peran guru agama Islam sangat diperlukan untuk melengkapi dan menambah pemahaman peserta didik di sekolah. Dalam melaksanakan perannya, guru juga membutuhkan metode mengajar yang tepat agar pesan yang disampaikan guru dapat diterima peserta didik dengan baik. Penelitian ini tergolong penelitian field work research dengan pendekatan kualitatif yang perhatiannya lebih banyak ditujukan pada fenomena-fenomena yang ada pada metode mengajar guru agama Islam pada materi membaca Al-Qur’an kelas XII SMK Farmasi.Teknik pengumpulan data berupa wawanara, dan observasi dengan analisis data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian mengenai metode mengajar guru agama Islam pada materi membaca Al-Qur’an kelas XII SMK Farmasi Samarinda adalah guru selalu memberikan tugas menghafal sesuai materi, guru membacakan ayat yang akan dihafalkan, guru meminta siswa untuk membaca ayat yang akan dihafalkan dengan baik, guru memberi penjelasan mengenai hukum bacaan ayat yang akan dihafalkan, kadang-kadang memberikan contoh dari ayat lain yang hukum bacaannya serupa, mempersilahkan siswa untuk bertanya atau melakukan tanya jawab dan mengulangi penjelasan jika tedapat siswa yang belum memahami, guru kadang-kadang memerintahkan siswa untuk mencatat penjelasan, guru selalu memberikan cukup waktu, guru memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa, guru menguji kemampuan menghafal siswa dengan cara perorangan, guru memberitahukan hal-hal yang harus diperbaiki dan memberikan nilai.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/516
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [872]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV