View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 36 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_ARIFATHUL MAHMUDAH_FTIK.pdf (6.051Mb)
Date
2024-07
Author
MAHMUDAH, ARIFATHUL
Metadata
Show full item record
Abstract
Arifathul Mahmudah. 2024. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 36 Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing I: Muhammad Khairul Rijal, M.Pd, Pembimbing II: Moh. Nasrun, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 36 Samarinda, terlihat beberapa kesenjangan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Proses pembelajaran kurang efektif, terlihat dari banyaknya siswa yang tidak fokus saat guru menyampaikan materi, sehingga mereka bosan, mengantuk, dan perhatiannya beralih ke hal lain, seperti melihat teman bermain di luar. Penyampaian materi yang monoton dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi menyebabkan hasil yang kurang optimal saat mengerjakan soal, sehingga mempengaruhi keberhasilan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi media pembelajaran berbasis aplikasi Canva yang inovatif dan kreatif sehingga dapat menumbuhkan lingkungan pembelajaran yang positif, menarik, dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif, yang bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan antara penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket yang dibagikan pada 48 sampel peserta didik kelas VIII A dan VIII C, yang dipilih melalui teknik total sampling. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial berupa analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak positif yang signifikan dalam motivasi belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis Canva. Nilai skor keseluruhan media pembelajaran berbasis Canva 2573 atau 82,4% sementara skor keseluruhan untuk motivasi belajar adalah 4408, atau 79,8%. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,775 dan nilai R Square sebesar 0,601, yang berarti 60,1% variabilitas dalam motivasi belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan Canva. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga didapati kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 60,1% pada media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5160
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [948]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV