PENGARUH KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL PEMUDA DI DESA MANUNGGAL JAYA KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG
Abstract
Dendi Eriyan Ihza Nakazima, 2024 “Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Perilaku Sosial Pemuda di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Riswan, M.Si selaku pembimbing I dan Amirullah, M.Ud selaku pembimbing II.
Latar belakang ini berasal dari pemuda yang bermain game online di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang. Game online sangat digemari kalangan masyarakat khususnya kalangan anak muda. Mengingat bahwa game online merupakan permainan yang dimainkan melalui media yang dihubungkan ke jaringan. Apabila game tersebut dimainkan terus-menerus membuat pemain game tersebut mengalami kecanduan yang dapat merugikan dirinya sendiri. Masalah yang timbul dari aktivitas bermain game online yang berlebihan, di antaranya kurang peduli terhadap kegiatan sosial, kehilangan kontrol atas waktu, menurunnya prestasi akademik, relasi sosial, finansial, kesehatan, dan fungsi kehidupan lain yang penting sehingga hal tersebut mempengaruhi perilaku sosial mereka. Penggunaan waktu yang berlebihan untuk bermain game online membuat terganggunya aktivitas pada kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan bermain game online terhadap perilaku sosial pemuda di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah berbentuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan dua variabel yaitu kecanduan bermain game online sebagai variabel independen dan perilaku sosial sebagai variabel dependen. Responden penelitian ini adalah pemuda yang bermain game online di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu, Y = 96,705 - 0,198x artinya apabila variabel kecanduan bermain game online semakin tinggi maka semakin rendah perilaku sosial, sebaliknya apabila variabel kecanduan bermain game online semakin rendah maka semakin tinggi perilaku sosial. Dan berdasarkan hasil R square sebesar 0,092 (9,2%), menunjukkan bahwa model regresi menunjukkan adanya pengaruh kecanduan bermain game online terhadap perilaku sosial pemuda sebesar 9,2%. Sisanya 90,8% disebabkan oleh komponen atau variabel yang belum diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung (-3,151) > t tabel (-1,984) (df = 98, a = 5%) dan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05, mengindikasikan Ha diterima (ada pengaruh kecanduan bermain game online terhadap perilaku sosial) dan H0 ditolak. Pada hasil deskriptif jawaban responden variabel X pada kategori sedang dan variabel Y pada kategori tinggi. Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial lebih tinggi dibanding kecanduan bermain game online ini kemungkinan adalah faktor pendidikan, karena dalam penelitian ini didominasi oleh responden yang berpendidikan D3, D4, S1, dan S2. Hal ini berkaitan dengan teori Nasution yang mengungkapkan bahwa faktor pendidikan akan mempengaruhi pola perilaku sosialnya di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun dunia maya.