STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SD ISLAM AL-AZHAR 47 SAMARINDA
Abstract
Adi Rizaldi, 2024. ”Strategi Pembentukan Karakter Religius di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Akhmad Muadin, M.Pd selaku pembimbing I dan Aam Amaliatus Sholihah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini, yaitu pada kemajuan teknologi saat ini dapat menyebabkan anak-anak dan generasi muda lebih banyak menghabiskan waktu dengan perangkat elektroniknya yang tentunya dapat memberikan imbas negatif, salah satunya mengenai karakter. Sehingga, dalam hal ini perlu dan pentingnya pendampingan serta penanaman karakter sedari dini untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya mengenai adab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan sekolah dalam rangka membentuk karakter religius peserta didik di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda, dan dampak apa yang akan diperoleh setelah peserta didik mengimplementasikan strategi yang telah diprogramkan oleh sekolah tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mana dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda, dengan subjek penelitian adalah pengajar program keagamaan implementasi adab dan beberapa siswa SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil setelah data dikumpulkan, peneliti mendapati bahwasanya dalam membentuk karakter religius siswa SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda, sekolah memiliki program unggulan yang berbeda dari sekolah dasar lainnya. Program unggulan ini dinamakan ”Implementasi Adab”. Program ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan penerapan nilai-nilai tata krama dan etika keseharian, khususnya di bidang keagamaan, yang telah berpacu pada kurikulum tabel Kemendikbud, dan arahan dari YPI Pusat. Dalam program implementasi adab, terdapat 6 kegiatan, yaitu kegiatan di koridor, pembiasaan pagi, penyampaian materi implementasi adab, pembiasaan istirahat, pembiasaan sebelum dzuhur, dan pembiasaan pulang. Keenam kegiatan tersebut pun dibarengi dengan kegiatan pembiasaan. Adapun dampak dari program unggulan implementasi adab adalah perubahan atau perbedaan sikap saat ini dan sebelumnya, tindakan peserta didik dalam mengimplementasikan adab, tanggapan baik dari orang tua siswa, terbiasa disiplin dalam melakukan sesuatu, dan yang terakhir ialah menjadi lulusan yang berkarakter baik.