IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA
Abstract
Nanda Aisyatul Qonita, 2024. “Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI selaku pembimbing I dan Muhammad Ridho Muttaqin, S.Pd.I., M.Pd selaku pembimbing II.
Pendidikan bukan hanya berbicara tentang proses mentransfer ilmu akan tetapi pendidikan juga berbicara tentang pembentukan karakter seorang anak atau biasa disebut dengan pendidikan karakter yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda memiliki beberapa program yang berhubungan dengan implementasi dari mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas X yang pada dasarnya berasal dari madrasah yang memiliki latar belakang madrasah dan lingkungan tempat tinggal yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah subjek penelitian yakni individu, sedangkan sumber data sekundernya diperoleh dari analisis dokumen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada kepala madrasah, guru akidah akhlak, serta beberapa siswa kelas X. Keabsahan data penelitian ini melalui triangulasi teknik yakni mengecek kebenaran data dengan subjek penelitian yang sama namun dengan teknik yang berbeda. Teknik analisis datanya yakni data condensation, data display, drawing, dan verifying conclusion.
Hasil penelitian yakni: (1) Implementasi mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas X di MAN 2 Samarinda sesuai dengan indikator sikap disiplin dan tanggung jawab siswa di madrasah. (2) Faktor yang mendukung terhadap implementasi mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas X di MAN 2 Samarinda antara lain: faktor internal, keinginan siswa untuk belajar dan menerapkan sikap disiplin dan tanggung jawab; faktor eksternal, adanya teman dan lingkungan yang mendukung, adanya kesepakatan bersama yang membuat siswa sadar terhadap apa yang ia lakukan, serta adanya pengawasan dan sanksi dari madrasah dan guru akidah akhlak. (3) Faktor yang menghambat terhadap implementasi mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas X di MAN 2 Samarinda antara lain: faktor internal, adanya rasa malas dalam diri siswa dan belum bisa memanajemen waktu dengan baik; faktor eksternal, dorongan dari teman, keterbatasan daya tampung asrama, faktor lingkungan yang kurang mendukung, serta kurang maksimalnya pengawasan dan upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dan guru akidah akhlak.