PENGGUNAAN SMART TV PADA MATA PELAJARAN ILMU KALAM MATERI ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PROGRAM KEAGAMAAN MAN 2 SAMARINDA
Abstract
Sri Wahyu Winda Permata Sari, 2024. “Penggunaan Smart TV pada Mata Pelajaran Ilmu Kalam Materi Aliran-Aliran Ilmu Kalam di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan MAN 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, S.S., M.Hum selaku pembimbing I dan Ibu Imro Atul Musfirah, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi saat ini yang telah berkembang pesat, sehingga di setiap sekolah hendaknya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk menjadikan media pembelajaran yang tepat. Namun, tidak banyak sekolah yang memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai sehingga kurangnya inovasi digital yang digunakan dalam proses pembelajaran. Contoh perkembangan teknologi seperti Smart TV. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui penggunaan Smart TV pada mata pelajaran Ilmu Kalam materi Aliran-aliran Ilmu Kalam di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan MAN 2 Samarinda serta faktor pendukung dan penghambat penggunaannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa kelas XI Agama 1 dan 2 tahun ajaran 2024/2025.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Penggunaan Smart TV pada mata pelajaran Ilmu Kalam materi Aliran-aliran Ilmu Kalam di MANPK MAN 2 Samarinda mencakup tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyesuaikan tema dan tujuan pembelajaran dengan capaian kompetensi yang ditetapkan, mempersiapkan peralatan pendukung, dan mengintegrasikan media digital ke dalam modul ajar. Tahap pelaksanaan mencakup penyampaian materi secara interaktif dengan fitur PowerPoint, video pembelajaran, dan whiteboard digital, pemanfaatan fitur Smart TV untuk meningkatkan interaksi siswa, serta evaluasi berbasis kuis online dan aktivitas tanya jawab. Sementara itu, tahap evaluasi dilakukan melalui tugas digital, evaluasi informal, dan soal ujian untuk mengukur pemahaman siswa. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan Smart TV pada mata pelajaran Ilmu Kalam materi Aliran-aliran Ilmu Kalam di MANPK MAN 2 Samarinda antara lain: faktor pendukung, seperti penyediaan fitur-fitur digital, sarana prasarana yang memadai, serta kompetensi guru dan siswa dalam teknologi. Namun, beberapa hambatan turut ditemukan, termasuk koneksi internet yang tidak stabil, ketergantungan pada listrik, dan keterbatasan keterampilan teknis.