Show simple item record

dc.contributor.authorHERIYANTO, TRI
dc.date.accessioned2025-08-21T06:42:17Z
dc.date.available2025-08-21T06:42:17Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5210
dc.description.abstractTri Heriyanto, 2024. “Manajemen Supervisi Pendidikan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalitas Guru (Studi pada Kinerja Kepala MIN 1 Balikpapan)”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Sri Susmiyati, M.Pd.I sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keharusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MIN 1 Balikpapan. Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan tersebut adalah melalui program supervisi pendidikan yang berimplikasi pada pengembangan profesionalitas guru di MIN 1 Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi di MIN 1 Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui proses wawancara dari beberapa informan seperti kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru di MIN 1 Balikpapan. Teknik analisis data yaitu analisis data interaktif yang digunakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menemukan bahwa: pertama, perencanaan manajemen supervisi pendidikan oleh Kepala MIN 1 Balikpapan adalah memeriksa kelengkapan administrasi perangkat pembelajaran guru setiap awal semester, memastikan kesiapan modul ajar, format penilaian, dan analisis capaian pembelajaran siswa, melakukan rapat untuk membahas jadwal dan pelaksanaan supervisi, serta membuat tim supervisi. Kedua, pelaksanaan manajemen supervisi pendidikan oleh Kepala MIN 1 Balikpapan adalah supervisi dilaksanakan dengan tiga teknik supervisi yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, dan rapat guru serta melakukan penilaian supervisi secara langsung di kelas. Ketiga, evaluasi manajemen supervisi pendidikan oleh Kepala MIN 1 Balikpapan adalah monitoring dan pengawasan dengan membuat catatan dan penilaian guru yang disupervisi, memberikan pembinaan dengan membentuk KKG (Kelompok Kerja Guru), mengikutsertakan guru dalam pelatihan untuk pengembangan profesionalitas, membuat rencana tindak lanjut terhadap guru yang nilainya masih kurang, serta memberikan motivasi terhadap guru yang masih kurang dalam penilaian.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectmanajemen supervisi pendidikan, kepala madrasah, profesionalitas guru.en_US
dc.titleMANAJEMEN SUPERVISI PENDIDIKAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Pada Kinerja Kepala Madrasah di MIN 1 Balikpapan)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record