PENGARUH PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL MUTTAQIN SAMARINDA
Abstract
Ahmad Toriq, 2024. “Pengaruh Penerapan Program Remedial Belajar Terhadap Ketuntasan Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Darul Muttaqin Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini tentang penerapan program remedial belajar sudah sering dilakukan setelah menjalankan ulangan atau ujian setiap semesternya. Adapun tujuan dari penerapan remedial terhadap ketuntasan belajar ini agar bisa memberikan kesempatan bagi murid yang memiliki nilai di bawah standar KKM dan benar-benar akan belajar sungguh-sungguh agar bisa memperbaiki sebuah kemampuan yang akan diujikan atau diulang. Mata pelajaran yang peneliti perhatikan adalah materi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Ada beberapa kelas yang peneliti perhatikan di MI Darul Muttaqin Samarinda, terdapat murid yang memang memiliki nilai belajar atau ulangan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di bawah standar KKM. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan program remedial belajar terhadap ketuntasan belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Darul Muttaqin Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 53 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data terdiri dari pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Peneliti menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji klasik yaitu uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan teknik analisis datanya yaitu uji korelasi product moment, uji t (hipotesis), dan uji koefisien determinan.
Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan program remedial belajar terhadap ketuntasan belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Darul Muttaqin Samarinda. Menurut perhitungan uji hipotesis disimpulkan hipotesis (Ha) diterima dan H0 ditolak. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan hasil analisis uji korelasi product moment diperoleh pengaruh -0,466, serta untuk menguji hipotesis alternatif yang telah dikemukakan berupa hipotesis (Ha) diterima dapat diterima t -2,790 dengan pengaruh (koefisien determinan) sebesar 0,217 (21,7%), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 78,3%. Berdasarkan penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa program remedial belajar memiliki pengaruh terhadap ketuntasan belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Darul Muttaqin Samarinda.