View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • E-Skripsi - Manajemen Dakwah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • E-Skripsi - Manajemen Dakwah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN LAYANAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UIN SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_RAHMATUL LAILA RAMADHANI_FUAD.pdf (298.6Kb)
Date
2024-12
Author
RAMADHANI, RAHMATUL LAILA
Metadata
Show full item record
Abstract
Rahmatul Laila Ramadhani, 2024. “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Layanan Mahasiswa di Perpustakaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi. Prodi Manajemen Dakwah, Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si sebagai Pembimbing I dan Sumarno, M.Kom sebagai Pembimbing II. Manajemen sumber daya manusia di perpustakaan perguruan tinggi berperan penting dalam menciptakan layanan berkualitas yang mendukung kebutuhan akademik mahasiswa. Sebagaimana yang terdapat dalam Perpustakaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda yang memberikan kualitas layanan bagi para mahasiswa dalam menunjang kebutuhan akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan layanan mahasiswa di Perpustakaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data diambil dari wawancara dengan Kepala UPT Perpustakaan, karyawan, serta mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik interaktif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas layanan, dimulai dari proses staffing yang terstruktur dan berfokus pada kualifikasi akademik serta pengalaman yang dianggap esensial, terutama dalam hal penambahan staf dan evaluasi berkala. Pengembangan kompetensi melalui pelatihan dan evaluasi kinerja dibutuhkan untuk memastikan perbaikan yang berkelanjutan. Dari segi kualitas layanan, fasilitas perpustakaan yang terawat, pembaruan koleksi, dan lingkungan yang nyaman meningkatkan kenyamanan pengunjung. Empati dalam pelayanan juga tampak melalui perhatian terhadap kebutuhan mahasiswa dan penciptaan lingkungan belajar yang nyaman. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen sumber daya manusia yang efektif dan fasilitas perpustakaan yang baik sangat penting dalam meningkatkan kualitas layanan, terutama melalui proses staffing yang terstruktur dan pengembangan kompetensi staf. Empati dalam pelayanan dan perhatian terhadap kebutuhan mahasiswa juga berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5261
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Dakwah [111]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV