View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGUATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI MELALUI KECERDASAN BUATAN (AI) DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA SMA NEGERI KALIMANTAN TIMUR DI ERA SOCIETY 5.0

Thumbnail
View/Open
TESIS_MUHAMMAD NASIKIN_PASCASARJANA PAI.pdf (183.9Kb)
Date
2024-11
Author
NASIKIN, MUHAMMAD
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Nasikin, 2024. “Penguatan Kompetensi Profesional Guru PAI Melalui Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada SMA Negeri Kalimantan Timur di Era Society 5.0”. Disertasi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Promotor Prof. Dr. H. Muhammad Abzar, M.Ag. dan Co-Promotor Dr. Nur Kholik Afandi, S.Ag., M.Pd. Latar belakang dari penelitian ini adalah era Society 5.0 membawa dampak perubahan bagi semua sektor termasuk dalam dunia pendidikan, terutama pada kemampuan guru untuk dapat cepat beradaptasi. Era ini mengharuskan guru menguasai kompetensi yang dapat mengintegrasikan pendidikan dengan dunia teknologi, terutama artificial intelligence. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Kompetensi profesional apa yang diperlukan oleh guru PAI SMA Negeri di Kalimantan Timur, 2) Bagaimana proses penguatan kompetensi profesional guru PAI SMA Negeri di Kalimantan Timur, 3) Bagaimana efektivitas dari penguatan kompetensi guru PAI SMA Negeri di Kalimantan Timur. Adapun kebaruan penelitian terletak pada penguatan kompetensi profesional di bidang AI untuk efektivitas pembuatan materi ajar yang bermanfaat bagi siswa. Penelitian ini berjenis mix method dengan pendekatan Embedded Experimental Model, fenomenologi, dan technology determinism. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kalimantan Timur, meliputi SMA Negeri 1 Tenggarong, SMA Negeri 6 Balikpapan, dan SMA Negeri 11 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan dua teknik pengujian data, yakni teknik one group pretest dan posttest design untuk mengetahui hasil penguatan, serta teknik analisa proses penguatan dengan menggunakan Goal Setting Theory Locke and Latham. Analisa efektivitas dari hasil penguatan menggunakan uji T (Paired Sample T-Test). Temuan penelitian ini menunjukkan: 1) Pemetaan kompetensi profesional ada tiga, yaitu pemanfaatan AI, literasi digital, dan big data. Dari ketiganya disimpulkan bahwa penguatan AI dengan pemanfaatan big data dalam literasi digital, 2) Proses penguatan terdiri dari dua tahapan yaitu pengenalan dan penguatan itu sendiri terhadap kompetensi profesional di bidang AI dalam penyusunan materi ajar, 3) Penguatan kompetensi dalam bidang AI efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dengan selisih 55,42 rerata skor sebelum dan sesudah penguatan untuk pemanfaatan AI dalam pembuatan materi ajar. Sesuai dengan teori behaviorisme dari John Locke yang merupakan pembaharuan dari Ivan Pavlov, teori kognitif belajar Jean Piaget, dan teori konstruktivisme Lev Vygotsky, untuk efektivitasnya terjadi perubahan pola bahwa seluruh guru yang diberikan penguatan dapat menggunakan AI untuk dipergunakan dalam pembuatan materi ajar. Keterbatasan penelitian ini terletak pada generalisasi hasil pada subjek dan populasi yang berbeda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5265
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam [118]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV