STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-MUKARRAM LONG IKIS
Abstract
Gita Nirwana Ennu, 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Mukarram Long Ikis”. Skripsi. Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, di bawah bimbingan Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Siti Nasiah selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa di Madrasah Aliyah Al-Mukarram ini baru 2 tahun berdiri, akan tetapi mampu membuat peserta didik cukup memahami pelajaran yang disampaikan, terutama dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Guru Al-Qur’an Hadits mampu membuat peserta didik jadi menyukai pelajaran dengan cara penyampaian dari guru Al-Qur’an Hadits tersebut. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui strategi apa yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan penelitian lapangan atau secara langsung di Madrasah Aliyah Al-Mukarram Long Ikis. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dari Kepala Madrasah, Guru Al-Qur’an Hadits, Guru Tahfidz, dan peserta didik. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Al-Qur’an Hadits yang digunakan adalah dengan menggunakan beberapa metode, di antaranya metode tahsin. Penggunaan metode ini dilakukan dengan memberikan pelajaran yang memperhatikan secara detail bacaan makhrajul huruf, lalu membenarkan apabila ada bacaan yang salah diucapkan oleh peserta didik agar mereka mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Kemudian, guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Mukarram juga memberikan metode berupa motivasi yang bagus kepada peserta didik sehingga mereka menjadi semakin semangat dalam mempelajari Al-Qur’an serta dapat memahami makna dari Al-Qur’an sebenarnya, bahkan mampu menghafalkan Al-Qur’an sedikit demi sedikit. Dan yang terakhir adalah menggunakan metode penjadwalan agar peserta didik terbiasa dan terlatih dalam membaca Al-Qur’an setiap harinya.