Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSKUSTINA, AGUSKUSTINA
dc.date.accessioned2025-09-09T00:14:20Z
dc.date.available2025-09-09T00:14:20Z
dc.date.issued2023-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5293
dc.description.abstractAguskustina, 2023, “Pengaruh TikTok Dakwah Habib Husein Ja’far Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Riswan, S.Pd., M.Si. dan Siti Qomariah, M.Kom. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana TikTok dakwah Habib Husein Ja’far diakses oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah UINSI Samarinda? (2) Bagaimana perilaku keagamaan mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah UINSI Samarinda? (3) Bagaimana pengaruh TikTok dakwah Habib Husein Ja’far terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah UINSI Samarinda? Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan media sosial TikTok yang menimbulkan berbagai pro dan kontra, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang menilai aplikasi tersebut berdampak negatif karena konten-konten yang berisi tari-tarian dan sejenisnya. Seiring berjalannya waktu, para konten kreator mulai menggunakan TikTok untuk memposting konten positif termasuk dakwah. Media merupakan salah satu faktor yang bisa memengaruhi sikap karena dalam mengaksesnya maka perilaku keagamaan menjadi variabel bebas dan terikat dalam penelitian ini, serta bisa meningkatkan perilaku keagamaan mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah. Data-data penelitian ini diperoleh dari mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah sebagai objek penelitian menggunakan metode observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana, korelasi determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok dakwah Habib Husein Ja’far yang diakses oleh mahasiswa memiliki skor sebesar 75,8% yang dikategorikan tinggi, sementara perilaku keagamaan mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah memiliki skor sebesar 75,5% yang dikategorikan tinggi. Adapun hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan akun TikTok dakwah Habib Husein Ja’far terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah sebesar 0,747.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectTikTok, Dakwah, Habib Husein Ja’far, Perilaku Keagamaan, Mahasiswa.en_US
dc.titlePENGARUH TIKTOK DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAHen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record