View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_PERRY SANDY_FTIK.pdf (151.0Kb)
Date
2023-10
Author
SANDY, PERRY
Metadata
Show full item record
Abstract
Perry Sandy, 2023. “Dampak Bermain Game Online bagi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, S.Pd., S.IPI., M.Pd.I. dan Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I. Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, di mana peneliti menemukan beberapa mahasiswa, termasuk mahasiswa Pendidikan Agama Islam bermain game online dengan alasan sebagai pengisi waktu luang menunggu kegiatan perkuliahan. Mereka memaparkan permasalahan yang dialami dari aktivitas bermain game online seperti masalah kecanduan, keuangan, sosial, berkata kasar, tidur larut malam, terganggunya perkuliahan hingga penurunan prestasi belajar. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif bermain game online dalam aktivitas sehari-hari, serta dampak permasalahan bermain game online terhadap kegiatan perkuliahan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data berupa triangulasi teknik. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak bermain game online bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, yakni dampak positif seperti mengurangi stres, menambah teman, wadah mencari pasangan, meningkatkan pengetahuan bahasa asing, melatih kecerdasan, dan sumber penghasilan. Sedangkan dampak negatif seperti menghabiskan banyak waktu, risiko perilaku kasar, masalah tidur, penundaan aktivitas penting, dan stres ketika mengalami kekalahan diperparah dengan bertemu pemain berperilaku buruk. Beberapa mahasiswa Pendidikan Agama Islam pernah bermain game di berbagai lingkungan kampus, terdapat mahasiswa yang meninggalkan jam kuliah karena bermain game online dan semua mahasiswa dalam penelitian ini mengakui pernah menunda tugas kuliah hanya untuk bermain game online. Selain itu, konsentrasi mereka terganggu saat jam kuliah dipengaruhi oleh game online. Dua dari empat mahasiswa mengalami penurunan prestasi belajar, satu mahasiswi mengalami prestasi belajar yang kurang memuaskan di semester awal dan berhasil memperbaikinya setelah meninggalkan game online. Sementara, penurunan prestasi belajar mahasiswa lainnya mengalami penurunan tetapi tidak disebabkan oleh game online.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5294
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1014]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV