IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA DI SMK NEGERI 6 SAMARINDA
Abstract
Sri Wahyuni, 2023. “Implementasi Layanan Bimbingan Karir bagi Siswa di SMK Negeri 6 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Noorthaibah, M.Ag. dan Bapak Amirullah, M.Ud.
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mempersiapkan karir siswa untuk masa depan yang akan datang. Usia remaja khususnya saat duduk di bangku SMK seharusnya individu sudah mengetahui potensi yang dimiliki. Di SMKN 6 Samarinda banyak siswa yang belum mengenali potensi, bakat, serta minatnya. Hal ini karena berbagai faktor, seperti siswa kurang mengenali kemampuan dirinya sendiri dan kurang menggali informasi terkait karir, yang tentunya akan memengaruhi kematangan karir siswa. Sehingga perlunya bimbingan karir untuk membantu siswa dalam memahami diri dan lingkungannya dalam mengambil keputusan, merencanakan, dan pengarahan yang menuju pada karir dan cara hidup.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Koordinator BK, Guru BK, dan dua siswa kelas XII SMKN 6 Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan karir di SMKN 6 Samarinda dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap inti atau materi, dan tahap penutup. Penyampaian bimbingan karir dilakukan secara langsung dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Teknik pendekatan pelaksanaan bimbingan karir menggunakan dua cara yaitu individual dan kelompok atau klasikal. Faktor penghambat layanan bimbingan karir bagi siswa yaitu masih adanya persepsi negatif terhadap kemampuan diri siswa, kurangnya keyakinan diri mengenai tujuan karir sehingga menghalangi perkembangan karir. Faktor pendukung layanan bimbingan karir bagi siswa yaitu dukungan dari sekolah yang mendorong siswa untuk dapat berkarir dan sukses di masa depan, sekolah memfasilitasi baik sarana maupun prasarana selama bimbingan karir berlangsung, memberikan informasi karir serta membantu mengembangkan keterampilan siswa.