Peningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Warna di PAUD Rasyiqah Samarinda Tahun 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Sri Lestari, 2017. Peningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Warna di PAUD Rasyiqah Samarinda Tahun 2016/2017. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Falkutas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Darwis M.Si sebagai pebimbing I dan ibu Nurwati, M.Pd sebagai pebimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat kondisi perkembangan kognitif anak yang ada di PAUD Rasyiqah khususnya dalam pembelajaran mengenal warna, anak-anak masih banyak yang belum mengenal warna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna melalui permainan warna pada anak kelompok B PAUD Rasyiqah Samarida.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi.subjek dalam penelitian ini adalah 11 anak di kelompok B dan objek penelitian adalah kemampuan mengenal warna melalui permaina warna.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam setiap tindakan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada kelompok B PAUD Rasyiqah dapat meningkat melalui permainan warna. Hal ini dibuktikan dari hasil yang positif pada setiap siklusnya, tindakan siklus I mencapai 45% dengan kriteria sedang, pada siklus II mencapai 72 dengan kriteria tinggi%, dan pada siklus III 82% dengan kriteria sangat tinggi. Peningkatan terjadi karena anak sudah terbiasa dan sering bermain dengan menggunakan beberapa media dan bahan ajar yang bervariasi sehingga anak-anak dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan lebih serius dan dengan bantuan motivasi peneliti yang tidak henti-hentinya untuk anak-anak.