dc.description.abstract | Jihaan Nabiilah, 2023. Implementasi Program Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Negeri Samarinda. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si. sebagai pembimbing I dan Amirullah M. Ud sebagai pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini adanya beberapa siswa yang memiliki kecerdasan spiritual yang kurang baik di MTs Negeri Samarinda. Hal ini menyebabkan kurangnya moralitas siswa di sekolah sehingga melalui program bimbingan dan konseling di sekolah para siswa dapat dibimbing untuk mengembangkan kecerdasan spiritual mereka, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan dan konflik dalam kehidupan sehari-hari dengan sikap yang bijaksana dan penuh kasih sayang. Selain itu, program ini juga dapat membantu siswa dalam menemukan makna hidup dan tujuan mereka, membantu mereka mengatasi berbagai masalah psikologis dan emosional yang dapat menghambat perkembangan kecerdasan spiritual mereka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru BK MTs Negeri Samarinda, 2 siswa, dan 3 siswi kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan dan konseling dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda sudah berjalan melalui program yang telah disediakan. Program yang pertama yaitu landasan hidup religius, kegiatannya berupa sholat wajib dan sunnah berjama’ah di lingkungan sekolah, tadarus Al-Qur’an setelah melaksanakan sholat sunnah dhuha di pagi hari. Program yang kedua berupa layanan. Layanan yang diberikan menggunakan beberapa prinsip yaitu prinsip kasih sayang, prinsip saling menghormati dan menghargai, serta prinsip pembinaan akhlak pada siswa. Dengan menerapkan program dan prinsip-prinsip tersebut diharapkan dapat memberikan perubahan pada pola pikir dan sikap siswa. Hal ini akan berkontribusi dalam membentuk kecerdasan spiritual yang kuat pada siswa, sehingga mereka dapat menjadi individu yang beriman, bertakwa, dan memiliki nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. | en_US |