Show simple item record

dc.contributor.authorPerdana, Muhammad Fikri Putra
dc.date.accessioned2025-09-16T01:12:10Z
dc.date.available2025-09-16T01:12:10Z
dc.date.issued2023-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5321
dc.description.abstractMuhammad Fikri Putra Perdana, 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 34 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, S.Ag., M.Pd. dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan individual yang dapat membuat terjadinya perbedaan daya tangkap materi pelajaran antara satu siswa dengan siswa lain. Oleh sebab itu, guru harus dapat menemukan metode belajar yang cocok, bermakna, serta menyenangkan sehingga siswa menyukai proses kegiatan belajar yang membuat siswa merasa belajar itu menyenangkan dan memuaskan, karena guru harus mampu mengidentifikasi metode yang urgen untuk mengajarkan materi pelajaran. Hasil observasi yang diperoleh di SMP Negeri 34 Samarinda adalah ditemukan bahwa hasil belajar perolehan nilai siswa secara umum telah mencapai KKM, namun juga ditemukan adanya perbedaan tingkat pengetahuan yang tidak merata. Adapun cara guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 34 Samarinda dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 34 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment serta desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 34 Samarinda yang berjumlah 588 orang, dengan empat kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian melalui teknik purposive sampling, antara lain kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang, VIII-E sebagai kelas kontrol berjumlah 20 orang, serta kelas VIII-B dan VIII-C sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 49 orang. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis paired sample t-test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 34 Samarinda. Hal ini berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa thitung = 6,644 > ttabel = 2,060 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 34 Samarinda sebesar 38,16% dan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan N-Gain Score dan diperoleh bahwa 0,3 > 0,3816 > 0,7 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kategori sedang.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 34 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record