Show simple item record

dc.contributor.authorBRAMASTA, VEREL ARYA
dc.date.accessioned2025-09-16T02:19:55Z
dc.date.available2025-09-16T02:19:55Z
dc.date.issued2023-10
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5332
dc.description.abstractVerel Arya Bramasta, 2023. “Penanaman Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tenggarong Seberang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag., dan Bapak Dr. Akhmad Muadin, M.Pd. Pentingnya Moderasi Beragama sebenarnya terletak pada keyakinan terhadap prinsip-prinsip agama yang universal dan memberikan ruang bagi keyakinan agama individu yang berbeda. Moderasi beragama harus diterapkan pada setiap individu beragama, oleh karena itu lembaga pendidikan dianggap sebagai metode yang efektif dalam mengajarkan pemahaman moderasi beragama di Indonesia. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Islam pada jenjang ini harus mempunyai kemampuan mengajarkan konsep Islam yang benar, yang membawa misi kasih sayang terhadap seluruh alam semesta, tanpa ekstremisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai moderasi beragama ditanamkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tenggarong Seberang. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang, antara lain kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perencanaan yang dilakukan di SMAN 1 Tenggarong Seberang dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI dilakukan oleh waka kurikulum dan guru pada setiap awal semester. Guru Agama merumuskan tujuan yang ingin dicapai pada semester berikutnya dengan membuat bahan ajar dan modul yang berkaitan dengan nilai moderasi beragama dan sesuai dengan kurikulum yang dipakai. Guru Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Tenggarong Seberang dalam proses pembelajarannya baik di dalam kelas maupun di luar kelas selalu menyelipkan nilai-nilai moderasi beragama ketika proses pembelajaran, namun tidak lupa mengingatkan untuk bertakwa serta saling mengenal dan menghargai. Guru Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Tenggarong Seberang saat melaksanakan proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama sesuai dengan prinsipnya, seperti melakukan pembiasaan hal-hal kecil terkait nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah dan selalu mengingatkan pentingnya belajar serta ikut melestarikan budaya lokal. Evaluasi penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Tenggarong Seberang dilakukan dengan metode penilaian setiap akhir semester bersama kepala sekolah, sedangkan setiap bulan evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru PAI bersama siswa yang dikategorikan sebagai evaluasi formatif. Evaluasi dilakukan untuk menilai hasil pembelajaran khususnya dalam menanamkan nilai moderasi beragama.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModerasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, SMAN 1 Tenggarong Seberang.en_US
dc.titlePENANAMAN NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 TENGGARONG SEBERANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record