dc.description.abstract | Siti Zulaiha, 2023. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Pembelajaran Online di Masa Covid-19 di SMP Negeri 15 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Agama Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Skripsi ini ditulis di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. selaku pembimbing II.
Latar belakang terjadinya ini karena menurunnya motivasi belajar yang pada masa Covid-19 terjadi di dunia pendidikan seluruh dunia, hingga para guru berupaya merespon tantangan yang ditimbulkan tersebut dengan meningkatkan motivasi belajar. Dengan metode strategi guru merupakan usaha dari sebuah proses kegiatan pembelajaran dilaksanakan untuk upaya meningkatkan motivasi belajar. Dengan strategi guru, maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa di SMP Negeri 15 Samarinda.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan dasar tempat penelitian termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data adalah guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Sedangkan langkah dalam menganalisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh adalah: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam yaitu menggunakan metode Blended Learning yang digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena dapat menggabungkan kegiatan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online yang mengarah pada kemandirian belajar siswa. Dengan strategi ini, upaya menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru. Karena lebih kreatif dalam menerangkan kepada peserta didik dan mempersiapkan kembali dengan sebaik-baiknya supaya dapat dipahami siswa yang harus menyesuaikan dengan berbagai situasi dan kondisi proses pembelajaran saat ini yang sangat berbeda dengan proses pembelajaran sebelumnya. (2) Faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah fasilitas yang masih kurang memadai dan kurang mendukung, seperti alat handphone, jaringan, dan komunikasi yang dimiliki oleh siswa masih kurang maksimal, sehingga membuat kurang terkontrolnya penerapan sistem pembelajaran di masa Covid-19. | en_US |