Show simple item record

dc.contributor.authorSELVIANA, FINA
dc.date.accessioned2025-09-23T02:06:30Z
dc.date.available2025-09-23T02:06:30Z
dc.date.issued2023-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5349
dc.description.abstractFina Selviana, 2023. “Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Upaya Peningkatan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, M.Hum selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Nasrun, M.Pd.I selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini diawali oleh fenomena yang mana para siswa dihadapkan pada zaman modern yang sangat mengkhawatirkan karena adanya perkembangan teknologi, sehingga para remaja lebih mudah dipengaruhi oleh orang lain dan memicu terjadinya kenakalan remaja. Maka dari itu, SMK Negeri 2 Samarinda menjalankan program kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran selama 15 menit, kemudian guru menjelaskan makna dari ayat yang sedang dibahas. Hal ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman, mengupayakan peningkatan akhlak siswa agar memiliki akhlak yang mulia, berperilaku sopan dan santun, serta siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap upaya peningkatan akhlak dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat bagi upaya peningkatan akhlak siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X dan XI dengan 14 jurusan dan jumlah siswa 947. Peneliti mengambil sampel sebanyak 90 siswa dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik penelitian menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26 dan analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa korelasi atau pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap upaya peningkatan akhlak siswa menunjukkan korelasi yang cukup, yaitu 0,519 dengan uji taraf signifikan 5%. Kemudian diuji untuk taraf signifikansi pada df = 0,1 diperoleh hasil thitung > ttabel atau 5,695 > 1,662. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap upaya peningkatan akhlak siswa di SMK Negeri 2 Samarinda dengan pengaruh sebesar 26,93%, sedangkan sisanya 73,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor pendukung upaya peningkatan akhlak adalah peran orang tua, guru, dan sarana prasarana di sekolah yang menunjang program membaca Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat upaya peningkatan akhlak siswa yaitu lingkungan masyarakat, kurangnya kepedulian orang tua, penyalahgunaan media elektronik, dan latar belakang siswa yang bermacam-macam.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectmembaca Al-Qur’an, akhlak siswa, intensitas membaca, SMK Negeri 2 Samarinda.en_US
dc.titlePENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP UPAYA PENINGKATAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record