dc.description.abstract | Cholidah, 2024. “Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membangun Karakter Religius Siswa SDIT Daarussalaam Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Dr. Lina Revilla Malik, M.Si. sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah banyak institusi pendidikan di Indonesia telah mencanangkan dan menyebarkan visi-misi mereka tentang pendidikan karakter. Namun, masalah karakter belum juga diselesaikan. Banyak orang di negara ini, terutama siswa, masih memiliki moral yang tidak sesuai dengan nilai Islam atau bahkan jauh menyimpang dari ekspektasi. Fenomena di masyarakat, terutama di bidang pendidikan, dipengaruhi oleh moral yang menurun dan sopan santun yang menurun. Berdasarkan berbagai fakta, siswa sangat perlu diarahkan untuk mendapatkan bimbingan dengan menguatkan karakter-karakter religius dalam membentengi segala bentuk perubahan perilaku, dan pengaruh buruk lingkungan, media sosial sejak dini, dalam hal ini sejak usia SD. SDIT Daarussalaam sebagai salah satu sekolah swasta di Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur memiliki program pembinaan khusus untuk membangun karakter religius yang dinamakan Bina Pribadi Islami (BPI). Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program BPI dalam membangun karakter religius siswa SDIT Daarussalaam Sangatta, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologis dan etnografi. Data dan sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi: manajemen yayasan, kepala sekolah, koordinator BPI, pembimbing BPI, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk uji keabsahan data dengan uji kredibilitas dan uji dependability.
Hasil penelitian, implementasi dengan tiga tahapan: tahap perencanaan BPI, disusun struktur organisasi, mempersiapkan SDM, sarana prasarana, menyusun program dan pembiayaan. Tahap pelaksanaan, telah disusun jadwal yaitu pada hari Jum’at selama 2 JP/60 menit, dengan bentuk kelompok antara 10–15 siswa, pembinaan dimulai dengan: pembukaan, tilawah, kultum, muroja’ah, mutaba’ah, materi, dan penutup. Tahap evaluasi dilakukan saat proses pembelajaran melalui mutaba’ah, dan penilaian partisipasif. Selanjutnya faktor pendukungnya meliputi: support system, support manajemen, support anggaran, sarana dan prasarana, dukungan orang tua murid, dan support lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: waktu, terbatasnya media pembelajaran, guru pembimbing yang sering izin, banyaknya SDM, dan siswa yang kurang kondusif. | en_US |