View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH MEDIA INTERAKTIF AUTOPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_SALSABILLA RIZKYA ANANDA ISMAIL_FTIK.pdf (120.5Kb)
Date
2023-06
Author
ISMAIL, SALSABILLA RIZKYA ANANDA
Metadata
Show full item record
Abstract
Salsabilla Rizkya Ananda Ismail, 2023. “Pengaruh Media Interaktif Autoplay Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Perkembangan multimedia dan teknologi baru lainnya menyebabkan proses pembelajaran beralih dari instruksi berbasis konvensional menuju instruksi berbasis teknologi. Oleh karena itu, semua jenis pembelajaran termasuk PAI perlu diarahkan pada pemanfaatan teknologi. Adapun jenis teknologi yang hingga saat ini ramai digunakan ialah teknologi multimedia yang dianggap dapat dimanfaatkan dalam mengatasi masalah belajar pada siswa. Software Autoplay menjadi salah satu di antara jenis ICT yang dapat menggabungkan beberapa media. Sehingga tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui apakah multimedia interaktif Autoplay berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain grup kontrol pretest-posttest, dan populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji normalized gain (N-gain). Diketahui dari hasil penelitian bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda satu sama lain. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 50,32 dan rata-rata nilai posttest 81,70, serta rata-rata nilai pretest kelas kontrol 47,29 dan rata-rata nilai posttest 58,74. Hasil uji N-Gain juga mendukung hal tersebut, menunjukkan rata-rata peningkatan kelas eksperimen sebesar 64,2%, sedangkan peningkatan rata-rata kelas kontrol sebesar 21%. Demikian juga hasil uji-t menunjukkan bahwa Ha diakui dengan alasan bahwa nilai t adalah 8,702 dengan sig 0,000, nilai ini di bawah 0,05. Peningkatan tersebut diperkuat oleh hasil observasi berupa peningkatan pada proses pembelajaran yang ditandai dengan aktifnya siswa serta pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehingga disimpulkan media interaktif Autoplay berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan pengaruh sebesar 7,144 dimana nilai ini termasuk dalam kriteria tinggi.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5365
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1018]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV