Pola Perilaku Keberagamaan Siswa di SMKN 5 Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Fauzi, 2017. “ Pola Perilaku Keberagamaan Siswa di SMKN 5 Samarinda. (Studi Kasus Penerapan Akhlak) Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Akhmad, Bukhari, M.Ag dan Juhairiah, M.Pd
Penelitian ini di latarbelakangi banyak pribadi yang mengalami gangguan mental dana munculnya konflik budaya yang ditandai dengan keresahan sosial serta ketidakrukunan kelompok-kelompok sosial. Semua itu akan berakibat dengan ketidaksinambungan, disharmoni, ketegangan, kecemasan, ketakutan, kerusakan sosial, dan perilaku yang melanggar norma-norma hukum formal.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pola perilaku siswa di SMKN 5 Samarinda, sebagai guru yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah, Guru PAI, dan Guru Bimbingan Konseling dan Siswa Sekolah. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan kualitatif deskriptif yakni menguraikan hasil wawancara dari beberapa responden dengan langkah-langkah menganalisis secara khusus terhadap data yang ada di lapangan untuk menarik sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tentang Pola Perilaku Keberagamaan Siswa di SMKN 5 Samarinda (Studi Kasus Penerapan Akhlak), bahwa pola Perilaku Keberagamaan Siswa SMK Negeri 5 Samarinda cukup baik, akan hal perlu ditingkatkan lagi karena masih ada beberapa siswa sering melanggar aturan tata tertib yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hasil wawancara,maka seorang guru harus menuntun dan membimbing siswanya dalam mengembangkan potensinya agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.