Show simple item record

dc.contributor.authorWAHIDAH, NUR
dc.date.accessioned2025-09-25T03:00:02Z
dc.date.available2025-09-25T03:00:02Z
dc.date.issued2023-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5375
dc.description.abstractNur Wahidah, 2023. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 8 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Muhammad Ridho Mutaqqin, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini ialah terjadinya kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar guru di kelas X Akuntansi. Kejenuhan belajar yang terjadi pada siswa disebabkan karena cara mengajar yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan pembelajaran terbilang kurang bervariasi serta monoton. Cara mengajar yang tidak bervariasi akan membuat siswa merasa jenuh, ditambah pula jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di waktu siang biasanya suasana kelas kurang kondusif, banyak siswa yang semangat belajarnya mulai menurun akibat kelelahan beraktivitas lain. Oleh karena itu, perlu adanya upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 8 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu guna untuk mengkaji kasus per kasus. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan. Dalam uji kredibilitas agar mendapat data yang relevan maka peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Untuk data sekunder diambil dari dokumen-dokumen sekolah, kemudian data tersebut dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan evaluasi sehingga penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan memberikan hiburan berupa ice breaking di sela-sela pembelajaran, kemudian memberikan motivasi belajar untuk meningkatkan semangat belajar siswa, dan menggunakan metode belajar yang bervariasi. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGuru PAI, Kejenuhan Belajar, Ice Breaking, Motivasi Belajaren_US
dc.titleUPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 8 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record