Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Melalui Media Gambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok Bermain Al-Hassanah Loajanan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Abstract
ABSTRAK
Tisti Dwi Arti, 2017. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Melalui Media Gambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok Bermain Al-Hassanah Loajanan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing Drs.H.Yahya, M.Pd dan Nurwati, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media gambar.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Lokasi penelitian ini di Kelompok Bermain Al-Hassanah yang beralamat jalan Soekarno Hatta RT 12 No. 18 Loa Janan Ilir . Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain Al-Hassanah Loa Janan Ilir. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), dan refleksi (reflection). Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti & guru kela, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatip.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun setelah melalui 2 siklus. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemempuan mengenal huruf melalui media gambarr pada pra tindakan 15%, meningkat menjadi 40% pada siklus Imencapai 82% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun pada Kelompok Bermain Al-Hassanah Loa Janan Ilir .