Show simple item record

dc.contributor.authorPRAMUDIA, ADITYA FITRA
dc.date.accessioned2025-10-01T01:00:33Z
dc.date.available2025-10-01T01:00:33Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5391
dc.description.abstractAditya Fitra Pramudia, 2023. “Pengaruh Keikutsertaan Program Religius Terhadap Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Sebulu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag. dan Ibu Rega Armella, M.Pd. Program religius merupakan seperangkat program yang berisi nilai-nilai yang menjadi pedoman dasar berperilaku yang diterapkan oleh sekolah sebagai upaya dalam membentuk karakter bagi siswa. Untuk menyempurnakan karakter siswa, pemerintah menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai visi dan misi pendidikan di Indonesia. Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh program religius terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Sebulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan uji korelasi product moment, uji determinasi, dan uji parsial sebagai pengujian terhadap hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat pengaruh keikutsertaan program religius terhadap karakter siswa sebesar 10,17%, sementara 89,87% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil korelasi product moment menunjukkan adanya korelasi antara keikutsertaan program religius terhadap pembentukan karakter di SMA Negeri 2 Sebulu yaitu 0,319. Bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r berada di antara 0,20–0,40 yang artinya berkorelasi secara “lemah” dan bentuk hubungan yang dihasilkan adalah positif. Dari hasil uji T, diketahui nilai thitung dengan taraf signifikansi 10% adalah 3,066 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,291. Dengan hasil ini maka hipotesis H1 terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keikutsertaan program religius terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Sebulu dapat diterima.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProgram Religius, Karakter Siswa, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila.en_US
dc.titlePENGARUH KEIKUTSERTAAN PROGRAM RELIGIUS TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 SEBULUen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record